Minggu, 03 Oktober 2010

Demam setelah Imunisasi DPT

Dengan buru-buru, sabtu lalu saya membawa Fatih untuk imunisasi DPT 1. Syukurlah Papanya Fatih sellau menemani, tapi hasilnya ya harus tepat waktu karena si papa waktunya terbatas untuk harus berangkat kerja:)

Fatih ditimbang dan ternyata dalam usia 2 bulan, beratnya sudah mencapai  6,4 kg lebih. Bidan disana sampe nimbang fatih 2 kali untuk mengecek kebenarannya, kalo dilihat dari grafik pertumbuhan, harusnya dede, maksimal 5 kg lebih:)

Pantesan si dede beraaaaaaaaaaat banget bagi saya untuk menggendongnya, apalagi dalam hal menyendawakannya:) mengingat si dede otot lehernya belum mampu menopang tegaknya kepalanya...jadi susahnya minta ampun..rada-rada ngeri..kepala dede berat, takut terantuk-antuk pas digendong tegak:)

Jadi was-was dengan perkembangan berat badannya, padahal dede hanya minum ASI, memang dede Fatih minum ASInya lahap dan sering..sampai-sampai mamanya turun drastis berat badannya:)ya mudah-mudahan dede beratnya, berat sehat:)


Ternyata disana Imunisasi DPT1 nya digabung dengan imunisasi HB1 dan polio 2, sebelumnya dede udah divaksin HB 0, BCG dan polio 1.

ini jadwal imunisasinya:)

Umur & jenis imunisasi
0 bulan : HB 0
1 bulan : BCG, Polio 1
2 bulan : DPT&HB1, Polio 2
3 bulan : DPT&HB 2, Polio 3
4 bulan : DPT&HB 3, Polio 4
9 Bulan : Campak

Menurut Bidan, Imunisasi DPT1&HB 1 ini menyebabkan panas, ada sih vaksin yang anti demam yaitu DPAT, tapi harganya 285000, dan imunisasi yang anti demam terpisah dengan imunisasi HB 1. Kasihan juga kalo si kecil harus 2 kali suntik walau tidak demam. Lagian kata bidannya, Demamnya hanya 1 malam, dan ada obat turun panasnya...suamipun semakin yakin memilih imunisasi yang biasa, harganya jauuuh lebih murah yaitu sekitar 55000 rupiah

fatih memang sedikit rewel, tapi ga demam, ya mungkin karena Fatih "sedikiit" termasuk jenis "Bayi sulit or disebut Fussy baby , soalnya cek punya cek:) Anak temenku, jarang nangis, disuntik aja ga nangis, keponakan suamiku juga begitu, bayinya jarang nangis. sementara Fatih aktif, minta digendong melulu, dan cepet bosan kalo diletakkin untuk main sendiri:) Mama khususnya dan papa jadi bergadang seharian, tapi Fatih masih bisa diatasi dengan digendong, diayun atau disusuin, nagisnyapun bisa reda:) Ia akan mudah nagis kalo mengantuk:) Ya bayi itu, tidur saja harus ditidurkan ya...^_^, dibanding cerita para ibu di sini ternyata ade' masih lebih mudah ditangani. semoga semakin besar semakin cepat mengerti:)

Balik lagi ke cerita imunisasi,  menurut sumber buku kesehatan ibu dan anak, Imunisasi & Penyakit yang bisa dicegah adalah


Hepatitis B : Mencegah hepatitis b (kerusakan hati)
BCG            : mencegah TBC/ penyakit paru-paru
POlio          : mencegah polio (lumpuh layu pada tungkai kaki & lengan tangan)
DPT            : mencegah Difteri atau penyumbatan jalan nafas, batuk rejan(batuk 100 hari) dan tetanus
Campak     : Mencegaah campak (radang paru, radang otak & kebutaan)

Efek dari imunisasi sendiri yang dapat menyebabkan demam tergantung pada kekebalan tubuh anak sendiri, ada juga anak yang tidak demam setelah diimunisasi..., Jadi bunda, sebelum si kecil demam, batuk, pilek..sebaiknya cepat-cepat diimunisasi sesuai jadwal karena jika si kecil sudah sakit, imunisasi akan tertunda..

2 komentar:

  1. Wiii... Dek Fatih ndut bangeeet *cubitcubitpipinya* :)

    Dan info di postingan ini sudah Kk' simpan sebagai referensi nanti kalau insyaAllah punya baby juga. Sangat bermanfaat. Terima kasih, ya. Keep posting informational posts :)

    BalasHapus
  2. ehhehe.itulah kak, mudah-mudahan normal, ga obesitas:) sama-sama ya saling share kita nih para istri..:)

    BalasHapus