Selasa, 26 Oktober 2010

Tips membersihkan newborn baby

aduh udah lama..ga posting di rumahku ini:) ,Mau ngasi tips sedikit^_^ . waktu itu ikutan group facebook cussonsfirstyear, kebetulan, ada satu orang bunda yang ngasi tips untuk membersihkan bayi baru lahir setelah pipis atau pup. (terimakasih bunda, maaf lupa namanya)

Pernah juga baca dari hasil googling, Menurut hasil bacaan, (lupa sumbernya) sebaiknya sehabis pipis atau pup bayi dibersihkan langsung dengan kucuran air gitu, biar sehat. Hihi.secara mungkin disana diluar negeri bathroomnya dekat dengan bedroom, lalu ada tempat khusus buat bersihkan dede bayi:) 

Dirumah, kamar dan kamar mandi letaknya jauh, lagian mau ngangkat-ngangkat dede fatih masih kecil..takut plus kasihan juga, jadinya dulu menggunakan tisu basah khsus bayi, praktis memang, tapi lumayan mangkas uang belanja ya:) (hiiii ga bisa nabung) menurut sebagian sumber juga mengatakan penggunaan wet tissue terkadang bisa menimbulkan iritasi. 

di awal pertama kali, saya menggunakan kapas yang dicelupin air dalam waddah baskom kecil, bisa juga sih mengunakan kain, tapi ya gitu jadi repot nyuci lagi, plus harus bolak balik ganti airnya karena kotor. nah alhamdulillah sekarang cukup menghemat, walaupun masih membuang-buang kapas..tapi lebih murah daripada membeli tisu basah , 

yang bunda perlukan adalah:
  1. cukup dengan menyediakan botol spray yang bersih,
  2. isi dengan air hangat/air masak bukan air panas:)
  3. kapas lembut:) (pake kain lembut juga ok, tapi cukup repot juga)
caranya: semprotkan air langsung ke bokong bayi atau pada bagian yang kotor, lalu lap dengan kapas, ulangi sampai bersih jika perlu. diperlukan juga alas kain kecil, agar air tidak merembes ke belakang badan bayi atau mengotori tilam ompol.

Nah bunda, dicoba ya, semoga memudahkan...

2 komentar: