Selasa, 20 Juli 2010

Kenaikan Berat Badan Ibu hamil

Foto saat usia kandungan lebih kurang 34 minggu

Banyak yang bilang terutama dari pihak keluarga khususnya mba sepupu yang udah pada punya anak ngomentarin tentang saya yang ga gemuk-gemuk^_^.

Tiap ke dokter pas nimbang naik koq...perlahan-lahan, malahan saya nanya ke asisten dokter, "Koq, saya berat badannya ga naik ya mba?" asisten dokter menjawab saat itu " ini udah naik mba".
Iya sejak awal kehamilan hingga usia kandungan mencapai 35 minggu ini, saya mengalami kenaikan sekitar 13kg. Tuh banyak kan?:p Tapi kenaikan itu dimulai dari berat awal 36 kg dan sekarang berat badan saya mencapai 49 kg. Masih kurang dari berat badan ideal saya seharusnya 50kg lebih...apalagi harusnya berat badan ideal saat hamil ya?ckckckc

Pada usia kandungan mencapai sekitar delapan bulan, dokter menyatakan berat bayi saya sudah 2kg. sebulan kemudian saya menanyakan hal yang sama pada dokter kandungan yang lain, dan dokter memberitahu berat bayi saya 3 kg. Normal kata dokter. duh ga nyangka?? Subhanallah......Mudah-mudahan berat saat lahir normal, sehat.
Padahal saat trisemester kedua, banyak keluarga yang bilang koq kecil ya kandungannya? pertanyaan gerutu ini juga sering saya lanturkan sendiri didepan suami. Suami menguatkan dengan mengatakan "udah gede koq si dede' , nanti kalo besar-besar susah keluar".

Tapi memang aneh juga, Mba sepupu dulu pada saat hamil pertama mengalami kenaikan 12kg, namun buah hati yang dilahirkannya berat badannya tidak mencapai 3kg. Sementara saat melahirkan buah hati keduanya, Ia hanya mengalami kenaikan sekitar 6 Kg, namun berat badan anak keduanya sekitar 3kg lebih...;)

Jadi tidak menjamin juga ya ternyata? 

Ruang Perut ibu kan juga besar didalam, bentuk postur tubuh juga menentukan. Kalo awalnya sudah gemuk, saat hamil maka kelihatan lebih besar perutnya ya..., 

Katanya kalo naiknya berlebihan juga berbahaya, menandakan keracunan kehamilan. tapi memang perlu gemuk yang sehat agar bisa memiliki tenaga saat melhirkan.... hanya sepertinya saya ga bisa kelihatan gemuk, entah punya sakit apa...atau kelelahan beraktifitas^_^ dan mungkin ga bakat gemuk.

Yang terpenting bumil sudah menerapkan makanan sehat, kandungan sehat dan ada kenaikan berat badan...apalagi kalo dokter menyatakan tidak ada apa-apa yang salah. Semoga sehat ya...bumil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar