Selasa, 20 Juli 2010

Ujian Rumah Tangga

Gambar dari : http://www.zazzle.com/jealous_heart_card-137369491490827566
edited by lisa 
.
Bukan dan tidak hidup kalau tidak ada masalah. Masalah ada untuk diselesaikan, dicari jalan keluarnya, tapi jangan mencari masalah ya?^_^.

Gambar dari : http://www.zazzle.com/jealous_heart_card-137369491490827566
.
Masalah adalah ujian Instropeksi diri atas apa yang telah kita perbuat.

Sikapilah dan bertindaklah terhadap masalah, bukan hanya direnungi, ditangisi, dipikirkan berlarut-larut hingga dapat menimbulkan stres:(

Begitu juga dengan kehidupan berumah tangga. Tak ada kebahagiaan semata tanpa ada ujian rumah tangga. Contohnya, saat suami sakit. Hal ini merupakan ujian bagi seorang istri. Saat seorang istri merawat suami yang sakit, hal tersebut menjadi kebahagiaan buat suaminya. Ketika suaminya sembuh, maka hal tersebut adalah hal yang membahagiakannya. Hidup kan tidak selamanya bersenang-senang...dan berada di atas.

Umumnya, pasangan suami istri mengalami masalah rumah tangga, salah satunya adalah kecemburuan dalam rumah tangga.

CEMBURU

iya, bukan hanya keaadaan yang nyata dan jelas terjadi, bahkan, ketika seorang suami atau istri termasuk saya^_^ jika mengimpikan pasangannya bersama yang lain. Saat bangun tidur, masih ada perasaan sedih, takut ...ya rasa yang tak nyaman di hati, :) Padahal hanya mimpi belaka. Apalagi berpikir negatif dan menduga-duga bahwa ini adalah pertanda....

Cemburu dengan kesibukan pasangan anda juga dapat terjadi, cemburu karena anda merasa dikesampingkan...dan banyak lainnya

Kenapa ada Rasa Cemburu
Jika anda mencintai pasangan anda, cemburu adalah hal yang wajar. Malah rasa cemburu dapat membuat suami dan istri sama-sama saling menjaga perasaan pasangannya.

Rasa cemburu sangatlah wajar, tapi janganlah sampai berlebihan hingga malah menimbulkan rasa curiga, gelisah, cemas, tanpa kejelasan yang hanya akan membuat anda stres dan pasangan anda merasa tidak nyaman dengan kecurigaan anda, bahkan dapat menimbulkan pertengkaran. (hihi...saya pernah mengalaminya, alhamdulillah..mulai belajar...positif, tenang dan kuat)

Bagaimanakah Mengatasi rasa cemburu?
  1. Komunikasi!, komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan rumah tangga. Ceritakanlah baik-baik perasaan anda kepada pasangan anda ketika anda merasa cemburu. Katakan, ungkapkan hal yang anda kurang/tidak sukai, yang dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman ini.(Komunikasikan hal ini dengan baik-baik, dengan nada yang rendah dan sesekali bisa dengan canda)  Tanyakan kejelasan baik-baik hal yang menyebabkan anda cemburu. (tanyakan saat keadaan pasangan anda baik, santai, tenang. bicaralah sambil bersantai ria, sambil menikmati cemilan contohnya)
  2. Jika pasangan anda telah menjelaskan dengan baik, tenangkan pikiran dan hati anda. berpikirlah positif dan renungkanlah wajar atau tidakkah hal tersebut, renungkan jika hal tersebut terjadi pada anda.
  3. Sebagai pasangan yang dicurigai. berusahalah mengerti mengapa istri atau suami anda cemburu. Janganlah langsung emosi/ marah-marah karena permasalahan ini. Mengertilah ketika ia cemburu berarti ia mencintai anda
  4. Jagalah perasaannya, buatlah pasangan anda yakin terhadap diri anda. Bukankah jika gerak, bicara dan penglihatan anda terjaga, maka masalah cemburu dalam rumah tangga bisa terhindar:) Sebagai muslim atau muslimah saja, anda harus bisa menjaga gerak, jarak, bicara,, penglihatan anda dan menutup aurat agar kejelekan yang dapat menjerumuskan anda jauh dari anda.
jika anda benar-benar dirundung masalah, kecemburuan yang jelas-jelas patut terasa. Kembalikanlah permasalahan tersebut terhadap niat anda menikah, janganlah sampai menimbulkan kerusakan, perpisahan rumah tangga. Kuatkan niat untuk memperbaiki, dan komunikasikanlah. Ingatlah cinta anda terhadap pasangan anda, ingatlah akan kebaikan-kebaikan dan kelebuhannya.
Sayangilah dan rawatlah pasangan anda, dan yang terpenting selain berusaha. Berdoalah, mohonlah pertolongan ALLAH selalu, Janganlah lupa untuk terus berdoa setiap waktu , memohon keutuhan, keselamatan, kasih sayang dalam rumah tangga anda.

2 komentar: