Kamis, 15 Juli 2010

Melahirkan Normal vs Operasi caesar

Mendengar rintihan bahkan teriakan sakit dari ibu yang melahirkan, membuat tubuhku seketika dingin waktu berada di sebuah ruang tindakan klinik bersalin tahun lalu. Tapi hal ini juga membuatku berdecak kagum dan mengingat perjuangan Mama, apalagi diiringi  Dzikir yang tak henti-henti di lafazkan, hingga suara tangis bayi terdengar, SUBHANALLAH...Maha Suci ALLAH..

Mendengar cerita sahabatku tentang Ia yang melahirkan normal lebih-lebih membuatku ngilu hingga ke tulang. Tapi sungguhpun begitu, Ia masih menyemangati saya untuk tidak takut melahirkan dengan cara normal. Saya  sendiri pun masih ingin dan tetap ingin melahirkan normal, selain biayanya yang jauh lebih murah dibanding operasi caesar masih banyak kelebihan lainnya. Sahabat saya mengungkapkan banyak hal berarti mengenai melahirkan dengan normal.
Rasa sakit yang mendera calon ibu yang akan melahirkan dengan normal memang pada umumnya membuat ibu merintih kesakitan, tidak tahan dan amat sangat memerlukan tenaga. tetapi ketika proses melahirkan normal sudah selesai, segala rasa sakit insya ALLAH hilang, apalagi ketika ibu langsung memeluk bayi, segala rasa sakitpun tergantikan dengan syukur:). Jahitan pada organ wanita juga dapat cepat sembuh. Dan ibu dapat memberikan Asi pertama ibu bagi bayi ibu. Sementara jika dibandingkan dengan operasi caesar, mungkin ibu tidak akan merasakan sakit melahirkan, namun proses pemulihannya cukup memakan waktu, harus puasa, tidak boleh bergerak, hanya bisa terbaring, dan tidak bisa langsung menggendong bayi bahkan tidak dapat memberikan asi pertama ibu.

Saat ibu kemudian kembali mengandung, kemungkinan besar juga ibu akan menjalani proses caesar, dan ibu membutuhkan cukup jarak waktu untuk dapat memiliki anak jika ingin memiliki harapan melahirkan dengan normal.

Biaya operasi caesar yang melambung tinggi juga jadi alasan, namun ibu juga tidak dapat memungkiri bagaimana melalui pertolongan ALLAH dengan cara caesar, Bayi ibu dapat selamat. Uang dapat dicari kembali, dan yang terpenting adalah keselamatan anak. dokter pasti memutuskan dengan alasan mengapa ibu harus menjalani caesar. Semuanya memang harus kita kembalikan kepada Tuhan Yang Memiliki dan Maha Kuasa. saya juga pernah membaca tulisan bagaimana tentang caesar yang sudah banyak membantu. Ibu juga dapat membacanya disini

Jadi Normal atau Caesar, yang terpenting bayi ibu selamat. Jika Normal adalah pilihan dan anugrah, maka bersyukur sudah pasti ya:), tapi jika yang harus ditempuh adalah caesar, syukurilah juga;) Tuhan Pasti Tahu dan Memberikan Yang Terbaik. dan jagalah kesehatan Ibu saat sudah menjelang menunggu hari melahirkan tiba......Ibu harus punya kekutaan jasmani, rohani dan pikiran positif untuk menghadapinya. Makan makanan yang bergizi, bertenaga dan jangan lupa istirahat.

Untuk menjalani Caesar ibu juga perlu bertanya alasan yang jelas, berikut di link ini ibu dapat mengetahui beberapa cara menghindari caesar jika  masih bisa diupayakan normal klik disini

Bagi saya, saya ingin sekali melahirkan  dengan normal....tetapi semua harus saya kembalikan lagi pada NYA, semoga saja saya dan ibu diberikan yang terbaik. Yang terpenting adalah anak kita sehat dan selamat.  Amin

Sumber Gambar: http://foto.detik.com/images/content/2008/04/07/464/puri2.jpg

5 komentar:

  1. Duh, yang udah hamil besar masih terus aktif menulis, so super :)

    Semoga nanti bisa melahirkan dengan normal ya, Bu. Amin.

    BalasHapus
  2. iya sist nunggu lahiran banyak pikiran ditulis aja ya sist...mau belajar banyak ama kakak.

    BalasHapus
  3. Mari sama-sama belajar saja barengan ya :)

    BalasHapus
  4. menarik sekali. thanks..

    BalasHapus