Senin, 12 Juli 2010

Diare saat Hamil

Saat usia kehamilan masuk delapan bulan, saya mengalami diare, mual muntah plus diare..sedih rasanya, takut dede' kenapa-kenapa, membayangkan, makanpun ga bisa malah muntah dan diare yang berat , gimana ya keadaan dede'?. duh sakit yang sangat menyakitkan:(
Paling susah memang ketika sakit datang menyerang Ibu hamil, mau makan obat, takut akan ada pengaruh bagi janin. Saat itu, saya panik banget. Sampai mikir negatif, bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi. 3 hari ga sembuh-sembuh, bersyukur banget suami mau ngurusin saya yang terbaring lemah, sudah coba minum oralit, teh pahit, lalu dibeliin suami obat diare yang katanya aman buat ibu hamil (New diatab) juga ga ada hasilnya..:(

Akhirnya saya pun bertanya pada mba sepupu yang kebetulan seorang perawat, sama mba, saya disarankan ke dokter umum segera, dan kalo ga bisa makan lalu disuruh diinfus, harus mau katanya. oleh dokter umum, saya pun diberi obat anti muntah, vitamin dan obat diare. Kata dokter, obatnya aman untuk ibu hamil. Alhamdulillah keesokan harinya, sudah mulai segar dan sembuh, oh ya berikut tips untuk ibu hamil jika terkena sakit diare.....berdasarkan saran dokter dan pengalaman saya:
  1. Usahakan saat hamil, Berhati-hati terhadap makanan Pedas, Lemak, Santan dan Es
  2. Perhatikan juga kebersihannya. Kalau bisa ibu lebih memilih masak sendiri. Hati-hati membeli jajanan pasar
  3. Waspada masuk angin, apalagi kalau sering hujan. 
  4. Saat terkena diare, segera minum oralit (larutan air, gula dan garam)
  5. Ada juga yang menyarankan minum teh pahit, atau rebusan air daun jambu biji. Tapi saya lebih bisa minum teh pahit ketimbang rebusan daun jambu biji. hiks ga tahan pahiiit.
  6. Gunakan baju hangat dan Kaos kaki. 
  7. Tetap terus usaha makan, jangan sampai perut kosong. Makanlah yang lembut, seperti bubur.
  8. Jika sakit tidak kunjung henti, sebaiknya langsung ke dokter, jika ke dokter umum, beritahu bahwa ibu sedang mengandung, dan tanyakan apakah obatnya aman dikonsumsi ibu, biar ibu lebih tenang meminumnya.
  9. Makanlah buah-buahan yang tidak memicu diare atau mengandung asam, misalkan, buah apel.
Waktu itu, setelah sembuh , saya minum yakult untuk membantu kesehatan pencernaan saya. Semoga cepat sembuh ..:)

5 komentar:

  1. thx atas informasinya, sangat membantu d.

    BalasHapus
  2. Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus
  4. Boleh tau obat dari dokter apa ya... Kebetulan saya lagi diare jg dan muntah2

    BalasHapus
  5. Boleh tau obat dari dokter apa ya... Kebetulan saya lagi diare jg dan muntah2

    BalasHapus