Minggu, 04 Juli 2010

Bayi Sungsang


Sejak memasuki 6 bulan kehamilan, dokter kandungan kedua ku menyatakan bahwa dede' kepalanya masih diatas, dan seharusnya dede' sudah ada dibawah. Dokter pun menyarankan posisi senam kehamilan seperti sujud meninggi dan posisi dada menempel di matras atau kasur.

Hingga bulan ke 8 dede' posisinya masih sungsang, Semakin cemas, jalan operasi sesar pun semakin menghantui, biayanya mahal, lalu saat melahirkan anak ke dua, katanya kemungkinan besarnya akan menjalani operasi sesar kembali. saya pun pusing, doa dan usaha dari senam sujud hingga 15 menitan dilakukan, mengepel lantai, , sujud lama saat sholat hingga tidur selalu miring ke kiri.
Masih selalu bertanya dalam pikiran, kenapa ya ade' ga mau muter ke bawah?, kata dokter, hal ini bisa dikarenakan bentuk rahim, bentuk panggul ibu, dan faktor lainnya. dengan dokter kedua juga masih belum jelas memastikan kemungkinan jenis kelamin ade' perempuan atau laki-laki. karena itu, saya kembali ke dokter pertama, ternyata lebih jelas dan saat mengetahui posisi bayi sungsang melalui pemeriksaan USG, dokter langsung memutar perut saya tanpa memberitahu. Rasanya cukup sakit, tapi karena sebentar, jadi langsung reda. sempat takut ade' kenapa-kenapa. tapi alhamdulillah ade' udah bener posisinya dan tidak terjadi apa-apa.

Kata dokter, teknik pemutaran ini sangat beresiko, harus dilakukan saat cukup usia, jadi seketika bayi terganggu dan harus dilahirkan, maka bayi siap untuk dilahirkan. Sebaiknya  teknik pemutaran ini dilakukan oleh dokter yang berpengalaman. ada juga yang menyarankan ke tukang urut khusus ibu hamil, tapi saya ga berani mengambil resiko, dengan teknik ini, salah-salah plasenta bisa lepas, atau bahaya lainnya.

Oleh dokter, saya disuruh check dua minggu lagi, kemungkinan ade' bisa muter. semoga Allah meridhoi saya dan bayi agar melahirkan normal, selamat dan sehat.

source of picture: http://ayurai.files.wordpress.com/2009/04/19158.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar