Jumat, 09 Juli 2010

Seputar Keguguran

Keguguran menurut dr. Jimmy Yanuar Annas, SpOG dari RSU Dr Soetomo Surabaya, merupakan kegagalan kehamilan sebelum 20 minggu atau bila melahirkan janin berat kurang dari 500g.
.
Penyebab keguguran tidak bisa diketahui secara langsung dengan pasti, diperlukan adanya pemeriksaan lebih lanjut, Namun umumnya beberapa penyebab Keguguran adalah:

* Kelainan Kromosom
* Kelainan pada rahim
* Kelainan pada ibu, seperti gangguan hormon (sistem hormonal), sistem kekebalan tubuh.
* Infeksi (terkena virus)
* Gaya Hidup, seperti merokok, Kebiasaan meminum minuman alkohol.
Gejala keguguran bermacam-macam, Pada umumnya:
- Ibu Hamil merasakan nyeri perut bawah atau Mulas
- Keluarnya Flek (bercak darah) yang kemudian berlanjut dengan Pendarahan
- Keluarnya sebagian atau semua hasil konsepsi
- Ibu Hamil merasa lemas, tidak berdaya

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan jika ibu mengalami gejala awal Flek dan nyeri perut:
1. Jika Ibu mengalami Flek , sebaiknya ibu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Flek bisa merupakan flek normal atau Flek berbahaya. Flek normal adalah Flek yang tidak berlangsung lama dan tidak disertai gejala lain. Tetapi alangkah baiknya jika Ibu segera langsung memeriksakan diri untuk memastikan Flek tersebut.
2. Jika Ibu berhalangan untuk segera menemui dokter kandungan. ibu dapat mengambil tindakan awal yaitu Bedrest dan menghentikan aktivitas.Namun jangan lupa untuk tetap segera memeriksakan diri untuk memastikan dan mendapatkan pertolongan jika Janin masih bisa dipertahankan.

Jika janin tidak dapat dipertahankan, Dokter akan memberikan Obat atau melalukan tindakan kuretase. Ibu jangan panik dan khawatir, jangan terlalu larut bersedih, Yakinlah bahwa semua ini adalah yang terbaik bagi ibu dan janin, tetap berpikir positif bahwa ibu bisa memiliki kehamilan kembali tentunya dengan usaha, doa, menyiapkan kesehatan yang lebih baik, mempelajari banyak hal kembali tentang kehamilan sebagai perencanaan kehamilan berikutnya.

written by: lisa Arnis

reference: http://www.kesehatanreproduksi.com/forum/index.php?topic=693.0
 source of picture : http://www.dailyclipart.net/wp-content/uploads/medium/clipart0247.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar