Minggu, 11 Juli 2010

Persiapan Melahirkan

Dokter A mengatakan perkiraan waktu melahirkan saya sekitar tanggal 11 agustus ini, sedangkan baru-baru ini Dokter B mengatakan perkiraan melahirkan saya sekitar  tanggal 24 juli ini, saya dan suami seketika langsung kaget, ada rasa senang dan cemas dalam hati saya. Ehm, biasanya sejak usia tujuh bulan, ibu-ibu hamil sudah mempersiapkan perlengkapan calon buah hatinya, tapi saya baru akhir bulan 8 ini, berhubung dokter majuin prediksi melahirkan..

Belanja buat perlengkapan bayi adalah hal yang menyenangkan ya....lihat-lihat baju si kecil, udah dibeli, dipelukin bajunya:) sambil berharap semoga bisa lahir ke dunia dengan selamat dan sehat dede'nya:). sempet rada-rada mikir apa-apa saja yang harus dibeli. ya...niatnya mau beli secukupnya saja, nanti kalo udah lahir baru beli yang lain-lainnya.
Beberapa perlengkapan yang saya beli berdasarkan survey baca pengalaman artikel ibu lainnya, dan tanya keluarga, akhirnya saya hanya membeli yang penting-penting dulu, baik jenis dan kuantitasnya.

Berikut daftar perlengkapan bayi dan persiapan melahirkan buat saya, yang akan saya bawa ke rumah sakit. jauh-jauh hari harus segera dipacking, jadi saat tiba melahirkan, tinggal membawa tas yang sudah dipersiapkan.
Yang diperlukan untuk si kecil:
  1. Bedong Bayi saya beli 1 pack, isinya 6 buah kainnya cukup besar, hingga bisa dilipat segitiga untuk membedong bayi. (bawa 2 untuk ke rumah sakit)
  2. Popok kain bayi 1 lusin, Ga jadi beli gurita, katanya, dokter tidak menyarankan bayi memakai gurita, pernapasan bayi lebih dominan menggunakan pernapasan perut bukan seperti orang dewasa, takutnya gurita bisa menghambat pernapasan bayi.
  3. Baju bayi panjang 1 stel, bahannya cukup tebal namun lembut dan nyaman sepertinya dipakai:), baju bayi lengan pendek berikut celananya 4 stel, 
  4. sarung tangan bayi dan sarung kaki bayi 2 pasang
  5. Topi bayi 1 buah
  6. Handuk bayi 1 buah untuk dibawa kerumah sakit
  7. Bedak bayi 1 botol,
  8. Shampo bayi 1 botol
  9. Sabun mandi bayi yang cair 1 botol, 
  10. minyak telon 1 botol, 
  11. powder puff dua jenis
Yang diperlukan buat ibu:
  1. Kain panjang 3 helai
  2. Baju 3 stel yang ada kancing depannya (bisa untuk menyusui)
  3. celana dalam 6 buah
  4. Bra untuk ibu menyusui 3 buah
  5. Baju untuk melahirkan, daster dengan kancing depan atau kaos terusan panjang.
  6. Handuk
  7. Sabun cair, Pasta gigi dan sikat gigi untuk ibu.
Baru ini saja, yang akan dibawa kerumah sakit saat melahirkan, nanti jika sudah berpengalaman, sudah bisa merasakan apakah cukup daftar diatas atau apa-apa saja yang diperlukan lagi, jadi bisa di-share ke ibu-ibu:) selamat berbelanja. Pastinya ibu juga harus mempersiapkan beberapa hal berikut:
  1. Uang untuk melahirkan atau kartu askes jangan lupa dibawa
  2. Pemilihan tempat bersalin.
  3. Pemilihan transportasi
  4. Meminta maaf dan doa pada Orang Tua khususnya ibu, suami dan keluarga dan para sahabat jauh-jauh hari sebelumnya
  5. Menyiapkan mental dan rohani ibu untuk tenang, meminta yang terbaik dan menyerahkan semua  kepada ALLAH SWT.
  6. Doa untuk melahirkan, Dzikir sebelum dan saat melahirkan.
  7. Mencari informasi dan membaca-baca pengetahuan tentang melahirkan dan bagaimana merawat bayi yang baru saja dilahirkan.
Semoga ibu melahirkan dengan selamat, bayinya sehat, selamat dan panjang umur:) Amin...
sumber gambar: http://mybabynames.us/images/babyclothes.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar